br />body {
background:$bgcolor;
margin:0;
color:$textcolor;
font:x-small Georgia Serif;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
text-align: center;
background-color: #003492;
background-image: url(ENTER LINK HERE); br />

background-attachment: fixed;
background-position: bottom left;
background-repeat: repeat-x;
border-color: #ffffff;
border-width:0px ;
border-style: solid;
}
All About My Self (Risky U. Putri): Memotivasi Diri Dalam Belajar

Senin, 05 Desember 2011

Memotivasi Diri Dalam Belajar


Bahan pelajaran / kuliah yang disampaikan oleh guru/dosen terasa cepat sekali bertambah banyak bila kita tidak menjaga agar terus dapat mengikutinya. Ketinggalan dari bahan yang dibahas akan dapat menurunkan motivasi kita dalam belajar. Ada beberapa cara agar kita dapat memotivasi diri dalam belajar.
Berikut ini tips yang bisa kita gunakan untuk memotivasi diri kita :
Bagi Tugas Yang besar menjadi beberapa bagian kecil
Mengerjakan soal Fisika 20 nomor dari satu bab kelihatannya cukup berat. Kita dapat membaginya menjadi beberapa bagian berdasarkan subbab. Pada setiap subbab kita dapat bagi lagi menjadi soal yang mudah dan yang sukar, mulailah dengan soal yang mudah.
Begitu pula bila kita harus menulis makalah 20 halaman. Pertama kali tentukan topiknya, buatlah kerangka makalah, erncanakan membaca beberapa sumber untuk mengisis bagian – bagian dari kerangka. Langkah – langkah ini akan membantu kita untuk tidak menulis seluruh makalah pada malam sebelum dikumpulkan.
Gunakan aturan lima menit
Biasanya bagian yang paling berat dari belajar adalah menumbuhkan motivasi saat memulainya. Untuk membantu kita mengatasi hal ini, gunakan aturan lima menit. Katakan kepada diri sendiri bahwa kita akan belajar selama lima menit. Hanya lima menit. Kita dapat mengerjakan berbagai hal dalam lima menit bukan?
Bila setelah lima menit kita belum termotivasi, berhentilah dan cari penyebab mengapa itu terjadi, selanjutnya coba lagi untuk lima menit berikutnya. Pada umumnya begitu kita memulai dengan lima menit, kita tidak akan berhenti setelah waktu tersebut terlampaui.
Tetapkan Sasaran Pada setiap Waktu Belajar
Sasaran kita untuk suatu waktu belajar tentunya lebih kecil daripada sasaran jangka pendek. Sesungguhnya sasaran belajar ini akan membantu kita untuk mencapai sasaran jangka pendek. Kita dapat mementapkan untuk mengulang satu bab Fisika dan mengerjakan lima soal dalam satu waktu belajar. Sasaran ini tentunya lebih spesifik daripada menetapkan kita akan belajar Fisika tiap malam. Jadi, pada setiap waktu belajar kita harus menetapkan dengan tepat apa yang ingin dicapai.
Berilah Penghargaan Kepada Diri Kita
Pada dasarnya setiap orang butuh  penghargaan atas apa yang telah dicapai. Adanya penghargaan akan meningkatkan motivasi kita. Setiap kita menyelesaikan suatu sasaran, berilah penghargaan sederhana. Lakukan sesuatu yang kita senangi setelah waktu belajar yang panjang. Bisa membaca novel, jalan – jalan atau menonton film di TV.
Carilah Bantuan Bila Diperlukan
Bila kita telah mencoba strategi – strategi di atas dan masih belum termotivasi, mungkin kita memerlukan  bantuan untuk memahami bahan yang kita pelajari. Seringkali seorang mahasiswa merasa tidak termotivasi. Padahal masalah sebenarnya adalah dia tidak dapt memahami bahan yang dipelajari. Bila ini masalah kita, datanglah kepada dosen mata kulaih terkait, asisten atau temukan teman belajar untuk diajak belajar bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar